Snorkeling di Pulau Rambut

Minggu, 24 Agustus 2014

saya sebagai warga jakarta, tadinya berpikir kalau mau snorkeling harus ke bali atau karimun jawa. eh ternyata salah, ada tempat yang dekat di jakarta untuk bisa menikmati snorkeling. yak pulau rambut.

16 agustus 2014 kemarin saya dan teman - teman liburan ke pulau rambut dan pulau sekitarnya. perjalanan dimulai dari muara kamal. tepat jam 8 kita kumpul di muara kamal. jeda setengah jam kita berangkat ke pulau untung jawa via kapal yang kami carter seharga Rp 800.000. untuk harga kapal bervariasi, ada yang menawarkan perjalanan satu pulau PP Rp 30.000/org. setelah menimbang-nimbang akhirnya kami memilih mencarter karena kami akan berlabuh dibeberapa pulau. ya lumayan menghemat biaya, apalagi kami berenam. nah salah satu tips ketika liburan, ajaklah banyak teman agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Perjalanan dari muara kamal ke Pulau Untung jawa ditempuh sekitar menit. di pulau untung jawa kita bisa menikmati hutan mangrove, pantai, banana boat dll. Kenapa kita ke pulau untung jawa dulu ? karena disinilah alat snorkeling tersedia.

Abang abang penunjuk arah



Alat snorkeling disewakan dengan biaya bervariasi mulai dari Rp 30.000 - 50.000/org dan sudah dapat kapal. kapal disini untuk mengantarkan kita ke pulau rambut. walaupun kita sudah punya kapal carteran kita tidak boleh menggunakan kapal carteran itu, ya mungkin beda fasilitas yang dimiliki kapal carteran sama kapal snorkeling. dan jasa snorkeling ini dibatasi durasi waktu 1 jam.
di pulau rambut, kita bisa menikmati snorkeling bertemu dengan ikan ikan dan terumbu karang. tips nya bawalah roti, beri makan ikan itu dengan roti, agar ikan mendekat ke kita.

Selesai snorkeling kami kembali ke pulau untung jawa untuk membilas badan. Biaya bilas Rp 3000/org. Hanya disediakan air 1 ember besar. Jadi kalian harus bawa peralatan mandi bila main snorkeling.

Perjalanan kami lanjutkan ke pulau onrust dan pulau cipir. Di 2 pulau ini kita akan disuguhkan bekas bangunan bangunan rumah sakit haji. Jadi jaman dulunya pulau ini untuk karantina jamaah haji. Biaya masuk ke pulau cipir dan onrust masing-masing Rp 5000/org.
Setelah puas berkunjung ke pulau untung jawa, rambut, onrust dan cipir. Akhirnya kamipun pulang kembali ke muara kamal. Rasanya kami masih ingin berkunjung ke pulau bidadari dan kelor tapi sayang matahari sudah mulai tenggelam dan ombak mulai besar. Suatu saat kami pasti kesana. So buat kalian nikmatilah indahnya indonesia.
Rincian biaya liburan kami.
1. Biaya retribusi dan parkir di muara kamal = Rp 10.000/orang
2. Biaya carter kapal = Rp 135.000/orang
3. Biaya masuk pulau untung jawa = Rp 3000/orang
4. Biaya snorkeling = Rp 30.000/orang
5. Biaya bilas = Rp 3000/orang
6. Biaya masuk pulau onrust = Rp 5000/orang
7. Biaya masuk pulau cipir = Rp 5000/orang
8. Biaya jajan dan makan sekitar = Rp 30.000/orang.
Yaa itu rinciannya. Totalnya tergantung kalian ajak berapa orang. Semakin banyak teman yang ikut semakin sedikit biaya yang dikeluarkan. Okee thanks sudah mampir di blog saya.

Menuju menara di pulau rambut

di Menara Pulau Rambut

Turun dari menara Pulau Rambut

Pulau Rambut

On the way

Pulau Onrust

Pulau Cipir

Pulau Untung Jawa

3 komentar:

  1. Innnayah mengatakan...:

    Murah meriah ya...

  1. Unknown mengatakan...:

    Ada CP untuk sewa kapalnya gag mas?
    kapalnya maksimal brp orang

  1. akhsanith thoriq mengatakan...:

    no hp nya klo gak salah 085776077109. coba hub aja. maksimal bisa 25org.

Posting Komentar