Membuat film cloning / tokoh kembar

Jumat, 17 Februari 2012
hai sobat blogger, sekarang gue akan bercoret-coret tentang keisengan gue. Iseng dalam hal positif tentunya. Disela-sela kesibukan gue dalam mengerjakan film dokumenter buat Tugas Akhir. gue sama partner gue, sempat iseng-isengan. apa itu ?

yap, gue sama parnter gue bikin film pendek, tapi kayaknya terlalu pendek deh, tapi agak sulit gimana gitu, ya tergantung iman lah... hahaha
film pendek yang gue bikin, adalah film tentang cloningan diri gue sendiri. hasilnya seperti ini:



gimana ? simpel tapi menarik ya.. hehehe

penasaran cara buatnya bagaimana ? atau ada yang sudah tahu cara buatnya ?



oke gue akan kasih tahu cara buatnya versi gue ya (maklum belum ahli), hahaha

alat yang dibutuhkan :
1. kamera (handycam atau kamera video yang lain)
2. Tripod (hukumnya wajib ini), klo tidak ada bisa pakai meja.
3. teman kamu, biar tambah pede.. hahaha
4. software editing (adobe premiere, after effect, windows movie maker,dll), disini gue pakai adobe premiere.

caranya :
1. buat naskah terlebih dahulu, urutan percakapannya, agar sesuai nantinya.
2. jika kembarannya itu ada 3 orang, maka syuting 3 kali dengan karakter yang berbeda-beda.
3. Pastikan kedudukan kamera tidak berubah (inilah pentingnya tripod)
4. dan pastikan jarak antar pemain tidak bersentuhan (buat yang pemula), tapi bisa juga bersentuhan dan itu butuh editing yang agak sulit. jadi buat pemula, usahan antar pemain ada batas ruangnya.
5. jika dirasa sudah cukup syutingnya. maka masuk ke tahap editing, disini gue menggunakan premiere, dan gue memakai fasilitas CROP, buat menggabungkan 3 orang kembaran.
6. Crop masing - masing orang, sehingga bisa terlihat 3 orang dalam 1 frame.
7. jika percakapannya kurang pas, bisa take ulang lagi.
8. jika sudah benar, silahkan export dan selesai.

jika masih bingung, silahkan klik disini

oke itu dulu aja, coretan gue kali ini, semoga bermanfaat...!

7 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    thank's gan infonya :D

  1. Anonim mengatakan...:

    kalo pake movie maker gimana gan ?

  1. akhsanith thoriq mengatakan...:

    movie maker belum pernah coba gan, tapi cari aja menu crop di movie maker, insyaallah ada.. hehe

  1. Jerit ing Mendel mengatakan...:

    izin share mint. thx buat ilmunya

  1. Unknown mengatakan...:

    Cara krupnya yang masih bingung bro

  1. WIRO YIKWA mengatakan...:

    Aplikasihnya bisa donloawd kah sudara

  1. Vieldering mengatakan...:

    Kalo yang saling sentuhan gimana caranya?

Posting Komentar