Jalan Jalan ke Pulau Pari

Senin, 06 Oktober 2014


Pantai Pasir Perawan
 Kali ini trip saya masih di seputaran pulau seribu. Yaitu Pulau pari. Kata orang-orang kenapa di namakan pulau pari karena bentuk pulaunya yang menyerupai ikan pari. Dan di Pari terkenal dengan perawan perawannya. Maksudnya pantai pasir perawan.

 
muara angke di pagi hari

okee, trip dimulai tanggal 20 september 2014 tepatnya hari sabtu. Saya dan teman-teman berenam berangkat dari pelabuhan muara angke. Kami menggunakan jasa atau agen pariwisata gitu. Nama agennya biasa disebut Erick. Jd kami sebutannya tamu Erick. Karena menggunakan agen jadi kami harus berbaur dengan traveller lain. Nah disini ada temen baru yang ikut bergabung dengan kelompok kami. Namanya adit, dia traveller dan baru saja datang dari pulau karimun jawa.


Di pelabuhan muara angke stanby pukuk 05.30 Wib dan baru berangkat pukul 08.00 WIB. Perjalanan dengan kapal ke pulau pari sekitar 2 jam kuranglah. Sampai di pari sekitar pukul 10.00 wib. Kami dipertemukan dengan guidenya dan langsung menuju homestay. Homestay kami sangat nyaman. Rumah 2 kamar, kamar mandi dan televisi, dibelakang rumah terpampang pantai yang bening airnya.
Pukul 11.00 kami menuju pantai pasir perawan dengan bersepeda, karena memang disediakan sepeda untuk berkeliling. Sungguh luar biasa, pantainya yang bersih, airnya bening. Tidak seperti di pantai ancol. Disini kami hanya berfoto-foto kemudian kembali ke homestay untuk makan siang yang telah disiapkan guidenya dan persiapan untuk snorkeling.

pantai pasir perawan

siap buat snorkeling




Pukul 14.00 WIB kami bertujuh berangkat ke spot snorkeling dengan menggunakan kapal kecil. Karena weekend jadi ramai sekali yang datang buat snorkeling. Jadi airnya keruh dan kurang nyaman, kedalamannya juga sekitar 3 meter. Akhirnya guide kami mengalihkan ke spot lain. Saatnya tiba di spot kedua. Ombaknya begitu besar, tapi guys.. karang karangnya sangat indah, airnya bening. Kedalamannya sekitar 10-20 meter. Bisa melihat ikan gepeng, ikan kecil yang lain, terumbu karangnya juga nyala berwarna. Ada bulu babi juga. Wow amazing.. keren banget guide kami bisa mengarahkan kami ke spot ini. Tak hanya itu, kami juga difasilitasi foto underwater. Super sekali..


foto underwater oleh guide kami
Pukul 16.00 kami selesai snorkeling, niatnya mau lanjut main watersport. Tapi kondisi teman teman yang mulai kelelahan akhirnya kami urungkan niat itu dan kembali ke homestay untuk mandi dan istirahat.




Setelah menikmati baberque

Malam harinya kami menikmati baberque di pantai pasir perawan. Ada cumi bakar, ikan bakar. Pokoknya asik guys... Selanjutanya kami istirahat tidur dan bersiap bangun pagi hunting sunrise pulau pari. Tepat pukul 5 pagi kami ke dermaga, menyiapkan kamera dan menunggu matahari terbit. Tepat jam 6 matahari mulai nampak. Yang sebelumnya tertutup awan. Tapi ya asiklah buat pagi pagi duduk dipantai menikmati matahari terbit, sambil mainan air.
bintang laut di LIPI Pulau Pari

Pukul 8 pagi kami jalan jalan ke pusat penelitian LIPI. Disini kami bisa melihat dan bermain dengan patrick. Maksudnya bintang laut. Ini pengalaman pertama saya melihat bintang laut hidup dan bergerak. Tak hanya itu, sayang rasanya kalau dilewatnya untuk berfoto bersama patrick. Setelah dari LIPI, kami lanjut ke pantai pasir perawan. Kami menyusuri bakau di pantai ini dengan perahu sampan, harga sewanya 40rb untuk 4 orang. Oke deal.. kamipun jalan jalan menyusuri bakau dan beningnya pantai di pasir perawan. Kami sempat diperlihatkan ikan kerapu. Ikan berbentuk batu, kalau terkena kaki akan sakit gatal gatal. Jadi buat traveller hati hati ketika bermain dibebatuan pantai.
Jalan jalan keliling bakau

Setelah puas menikmati pantai pasir perawan, pukul 10.00 wib kami mandi dan siap siap untuk kembali ke muara angke. Pukul 11.00 wib kami meninggalkan pulau pari. Sekitar pukul 1 siang kami tiba di muara angke. Wow sungguh pengalaman yang menyenangkan. Buat kamu cobain deh jalan jalan, jangan hanya kerja atau sekolah, tapi nikmati pariwisata dan keindahan indonesia, mulai dari yang dekat dulu. Oke itu aja, tunggu trip saya berikutnya...

Detail biaya trip pulau pari :
1. Biaya agen wisata = Rp 330.000/orang
2. Biaya lain seperti beli cemilan, dll = Rp 100.000rb / orang.
Agen wisata kami kalau tidak salah wisatabahari.com coba aja di cek. Oke thanks udah baca.

1 komentar:

  1. Fahmi mengatakan...:

    Mau ke pulau pari juga dong :D

Posting Komentar