Backpacker ke Bromo

Sabtu, 24 November 2012

Libur Lebaran kemarin tepatnya bulan september, gw bareng temen - temen backpacker ke Bromo.
Namanya juga backpacker, jadi sebisa mungkin meminimalisir keuangan dalam perjalanan dan masalah makan.

Hari senin malam kami berangkat dari pekalongan, kami naik kereta ekonomi matar maja dan kemudian turun di stasiun malang. dari stasiun malang kami mencarter angkot. oh ya kami berjumlah 8 orang jadi bisalah mencarter 1 angkot. kami naik angkot turun di pasar tumpang.

Di pasar tumpang, Malang

Di pasar tumpang, kami mencarter Jeep. 1 jeep tertutup dapat ditumpangi 9 orang termasuk supir. kami menggunakan jeep untuk naik ke puncak bromo dan mencari penginapan. Dan sungguh beruntung kami, sopir jeep mau mencarikan penginapan untuk kami dan kami menemukan penginapan yang harganya sangat terjangkau bagi kami yang backpacker.

Hari ketiga tepatnya hari Rabu, kami memulai perjalanan kami di bromo dengan menyaksikan sunrise di penanjakan kedua, kami berangkat dari penginapan tepat pukul 04.30. dengan dibantu petunjuk warga, kami tepat berada di penanjakan saat matahari mulai menampakan sinarnya. Sungguh pemandangan matahari terbit yang luar biasa. Menjelang siang, kami lanjutkan perjalanan kepuncak kawah bromo. butuh waktu sekitar 2 jam via jalan kaki untuk dapat sampai ke kawah. dan suhu atau cuaca sangat panas ditambah angin yang semilir membuat suasana menjadi adem. di Puncak bromo, pemandangan sungguh menakjubkan. Subhanaallah ciptaan Allah yang luar biasa.
Sunrise di bromo, dari penanjakan 2

Setelah menikmati Sunrise dan kawah bromo, backpacker kamipun akan berakhir. kami pulang dari penginapan menggunakan travel yang sudah disediakan oleh penginapan. dengan menggunakan travel kami menuju probolinggo untuk selanjutnya ke surabaya menggunakan bis AKDP. di Terminal surabaya, kami naik bis kembali untuk ke Semarang. dan sampai semarang, kami naik bis lagi ke Pekalongan. Sungguh petualangan yang sangat melelahkan tapi menyenangkan.

naik ke kawah bromo

di pelataran kawah bromo

pada rumput/savana, perjalanan menuju penginapan.

narsis dulu di padang savana

Berikut rincian biaya yang kami jalani selama melakukan backpacker ke Bromo, dan di hitung perorang, tapi kami ber 8 jadi kalikan 8 saja totalnya brp :
1. Kereta matarmaja         Rp 41.000/org (musim lebaran)
2. Carter angkot               Rp 10.000/org
8. Bis ke SMG                 Rp  45.000/org
9. Bis ke PKL                  Rp  25.000/org
Total  :                             Rp 336.000/org

nb: ini backpacker kami di tahun 2012. mungkin kisaran harga beda tipis dengan waktu sekarang. terutama di kereta. terima kasih.
Mau lihat bagaimana aksi backpacker kami, berikut videonya... :

1. krozbonek mengatakan...:

mantap gan reviewnya,
    cocok buat refrensi backpacker

1. akhsanith thoriq mengatakan...:

makasih gan..
    terima kasih udah mampir...

1. Unknown mengatakan...:

Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    Dalam rangka Memperkenalkan " Kawasan Tengger-Bromo" dr segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela' (tanpa tarif)
    Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 5km) belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' >>> 'Puspo' >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

@.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam

*.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)

# untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

1. Anonim mengatakan...:

keren gan videonya, aku mau kesana nanti bulan september :)

1. akhsanith thoriq mengatakan...:

makasih gan... ayo gan kesana...!! nikmati bromo dan alamnya...

1. Rangga Adi mengatakan...:

insya Allah tgl 27 September mau kesana.
    ada yang mau bareng kah?

1. Unknown mengatakan...:

ms kalo ke bromo aq naik bis dari semrang enak nya trun mana nggeh?

1. Anonim mengatakan...:

ada yang mau naik bulan oktober week 2 ndak?