Indonesia Basket League (UBL)

Selasa, 16 Maret 2010
IBL
Indonesia Basket League atau IBL adalah kompetisi liga basket tertinggi di Tanah Air yang dikelola secara prefesional. IBL dipimpin oleh Direktur Utama Ary Sudarsono, yang sangat terobsesi bagaimana basket bukan sekadar olah raga, cari keringat, hobi tetapi sebagai mata rantai dari sebuah kehidupan. Dengan bermain basket khususnya di IBL, anak-anak muda bangsa ini punya kesempatan meraih prestasi dan materi. Untuk Pengelolaan dan keuntungan finansial IBL, PB Perbasi tidak campur tangan dalam urusan tersebut, akan tetapi PB Perbasi masih terlibat dalam pengadaan wasit dan perangkat pertandingan. Pada tanggal 12 februari 2004, diadakan pemilihan pemimpin baru IBL, setelah melalui pemilihan yang demokratis di Sekretariat PB Perbasi, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akhirnya terpilih Agus Antares Mauro yang menggantikan pejabat lama Ary Sudarsono yang mundur bersamaan dengan usainya IBL musim kompetisi 2003.
Indonesia Basket League (IBL) pertama kali digelar pada tahun 2003, tepatnya pada tanggal 20 – 23 Mei di Bandung untuk putaran pertama. Ada 4 putaran yang harus dijalani 10 klub basket terbaik di Indonesia. Putaran pertama di Bandung, putaran kedua dilaksanakan di Solo pada tanggal 11 – 17 Juni, dan sebelum putaran ketiga berlangsung, ada Laga Bintang di Yogyakarta pada tanggal 12 -13, untuk memperebutkan Piala Sri Sultan HB X. putaran ketiga dimainkan di Malang pada tanggal 18 – 24 Juli. Putaran keempat atau seri keempat berlangsung di Medan pada tanggal 6 -13 Agustus, sedangkan untuk Babak Playoff berlangsung di Jakarta pada tanggal 23 -26 Agustus. keseluruhan pertandingan ada 100 pertandingan yang melibatkan 10 klub terbaik di Indonesia, yaitu Aspac Texmaco Jakarta, Angsapura Sania Medan, Bima Sakti Nikko Steel Malang, Bhineka Sritex Solo, Citra Satria Jakarta, IM Star Jakarta, Kalila Jakarta, Panasia Indosyntec Bandung, Satria Muda Britama Jakarta dan Wismilak CLS Surabaya. Kesepuluh klub tersebut berlaga untuk memperebutkan piala Bergilir Presiden dan Piala Tetap Proklamator. Untuk juara musim pertama Indonesia Basket League 2003 berhasil direbut oleh Aspac Texmaco Jakarta. Tahun 2004 direbut oleh Satri Muda dan Tahun 2005 kembali Aspac Texmaco Jakarta jaya dalam Indonesia Bakset League (IBL).
Indonesia Basket League musim 2006, dimulai dengan penyelenggaraan A Mild IBL International Games pada 5 Maret, dilanjutkan dengan A Mild IBL Cup Tournament pada 10-26 Maret. Sementara kompetisi reguler bergulir sejak 5 April hingga 12 September. Untuk musim 2006, Satria Muda Britama Jakarta berhasil merebut gelar juara IBL 2006, dengan menekuk Aspac dengan 94-78 di final IBL yang berlangsung di GOR Rimbai, Pekanbaru, Riau.
Sedangkan untuk musim kompetisi 2007 IBL, digelar pada tanggal 28 Februari sampai 4 Maret di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Delapan kota yang akan menjadi tuan rumah adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Pontianak, Pekanbaru, Solo, dan Malang. Untuk musim 2007 ini kompetisi IBL menggelar dua putaran babak playoff untuk mendapatkan tiga tim terbaik. Sementara Babak Grand Final (IBL) Championship diadakan pada 25 Agustus sampai 4 September melalui sistem kandang dan tandang (home and away) dalam lima kali pertemuan (best of five). Juara Musim 2007 ini berhasil direbut kembali oleh Satria Muda Britama Jakarta setelah mengalahkan Putra Riau dengan 65 – 53.
Musim Kompetisi A Mild IBL (Indonesian Basketball League) 2008 kembali digelar dengan system dua putaran (putaran pertama di Jakarta, Malang, Pontianak, Solo, dan Medan pada 18 Januari-24 Februari 2008, sedangkan putaran kedua di Bandung dan Surabaya pada 6-27 Maret 2008) sebelum masuk ke babak play-off (di Semarang dan Surabaya pada 12-20 April 2008), semifinal (di Bandung dan Jakarta pada 26 April-4 Mei 2008), dan final (sistem home-away pada 17 Mei-1 Juni 2008). Jumlah tim pada musim 2008 tetap 10 tim, yaitu Garuda-Bandung, IM-Makassar, KALILA-Jakarta, dan juara bertahan Satria Muda-Jakarta Angsapura Sania-Medan, ASPAC-Jakarta, Bhinneka-Solo, Bima Sakti-Malang, Citra Satria-Pontianak, dan CLS Knight-Surabaya. Tim bola basket Satria Muda (SM) Britama Jakarta kembali berhasil mempertahankan gelar juara A Mild IBL setelah mengalahkan Garuda Bandung dengan 3-1 dalam system best of five.. (TRQ)f02f30ff

0 komentar:

Posting Komentar